Belajar Aqidah

Ceramah Pendek: Agar Amalan Diterima

Oleh: Ustadz Abu Faynan Nuruddin Al Makky

 

Allah berfirman dalam surat Al-Mulk ayat 2

ۨالَّذِيْ خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيٰوةَ لِيَبْلُوَكُمْ اَيُّكُمْ اَحْسَنُ عَمَلً

“Allah yang menciptakan kematian dan kehidupan,untuk menguji kalian, siapa diantara kalian yang paling baik amalnya…”

yang dimaksud yang paling baik amalnya yaitu
1. Ikhlas karena Allah
2. Benar mencontoh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam

Ketika diberikan umur panjang, diberikan masa untuk berpikir kemudian tidak berpikir padahal sudah dewasa tapi tidak tau cara shalat yang benar, wudhu yang benar, puasa yang benar.Dimanfaatkan untuk apa saja waktu selama ini?

Surat Fatir ayat 37

أَوَلَمْ نُعَمِّرْكُمْ مَا يَتَذَكَّرُ فِيهِ مَنْ تَذَكَّرَ وَجَاءَكُمُ النَّذِيرُ ۖ

“…Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan apakah tidak datang kepada kamu pemberi peringatan?…”

jadi kita tidak bisa beralasan, karena usia Alhamdulillah dipanjangkan oleh Allah. Siksa/azab Allah akan menimpa kepada orang yang sudah dipanjangkan umur tapi tidak tahu apa-apa tentang ilmu agama padahal telah datang para utusan Allah yang menyampaikan ilmu agama.

Dan Allah telah menurunkan Al-Qur’an untuk dipelajari bukan hanya sekedar untuk dibaca tapi juga untuk ditadabburi, untuk dipahami ayat-ayat Al-Qur’an

Makanya kalau seandainya kita semuanya menjadi orang-orang yang berpikir maka akan semangat untuk menuntut ilmu, untuk memahami agama bagaimana beribadah benar karena tidak cukup hanya sekedar ikhlas saja karena Allah.

Karena kalau seandainya ikhlas saja tapi tidak mencontoh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam maka amal ibadah yang dilakukan tidak akan diterima oleh Allah. Syarat diterimanya amalan itu adalah ikhlas karena Allah dan mencontoh nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

___

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button