Belajar Mensucikan Jiwa

BAGAIMANA SIKAP KITA TERHADAP ORANG YANG MELAKUKAN PERBUATAN DOSA ?

Ustadz Saba Desa

Pertanyaan tersebut saya jawab dengan sebuah kisah:

Bahwasanya Umar Bin Khattab رضي الله عنه pernah mempersaudarakan seorang laki-laki. Kemudian beliau bertanya kepada orang Syam tentang laki-laki yang sudah di persaudarakannya itu. Kemudian kata orang-orang Syam, bahwasanya laki-laki tersebut sekarang itu menjadi saudaranya syaiton karena terjerumus kepada dosa besar, yaitu minum arak sampai mabuk-mabukan.

Kemudian Umar Bin Khattab رضي الله عنه menulis surat yang ditujukan kepada laki-laki tersebut : ” Salamun ‘alaika min Umar (Keselamatan bagimu dari Umar). Dan kemudian Umar Bin Khattab رضي الله عنه memberikan nasehat, intinya bahwasanya di dalam isi surat tersebut, beliau mengajak kepada laki-laki tersebut untuk bertaubat karena Allah Ta’ala yang menerima taubat. Dan memberikan motivasi untuk berharap akan pintu taubat.

Kemudian singkat cerita, bahwa laki-laki tersebut membaca surat dari Umar Bin Khattab رضي الله عنه , diulang-ulang. Karena dalam suratnya itu bahwasanya Allah Ta’ala penerima taubat. Allah Ta’ala juga sangat dahsyat siksaannya. Kemudian dia ulang-ulang terus surat tersebut, sehingga laki-laki tersebut menangis dan betul-betul bertaubat.

Kemudian tatkala sampai berita tentang laki-laki tersebut, Umar Bin Khattab رضي الله عنه berkata kepada orang-orang yang di Syam : هكذا فاصنعوا (Demikianlah yang seharusnya kamu lakukan). Hendaklah yang kamu lakukan itu untuk membantu saudaranya untuk bertaubat dan memberikan harapan. Janganlah kamu itu menjadi pembantu syaiton.

Dari kisah tersebut, bahwasanya tatkala kita melihat ada orang yang melakukan perbuatan dosa, jadi berikanlah harapan pintu taubat. Jangan membuat orang yang melakukan dosa itu menjadi putus asa. Wallohu ‘alam.

 

🌸 Muslimah Ibnu Qayyim 🌸

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button