Belajar Mensucikan Jiwa

Tawadhu, Menjaga Kehormatan & Sebab Keselamatan

Kitab Al Jami' Min Bulughul Marom - Ibnu Hajar Al Asqolani

Masjid As-Sholihiin LEC Garut,

#Hadits 1527

  • Berkata Ibnu Hajar bahwa telah bersabda Rasulullah: sesungguhnya Allah memberikan wahyu kepadaku agar kalian bersikap tawadhu.
  • Tawadhu maksudnya tidak sombong, tidak merasa diri ini besar, memiliki kelebihan di atas orang lain. Jangan sampai karena memiliki ilmu, harta, jabatan serta wajah yang rupawan menjadikan kita merasa lebih tinggi daripada orang lain.
  • Kedudukan dan derajat yang tinggi di sisi Allah hanya dapat diperoleh dengan amal shalih. Karena yang paling mulia di sisi Allah adalah yang paling bertakwa.
  • Seseorang yang memiliki sifat tawadhu maka ia tidak akan melewati batas terhadap siapapun serta tidak akan berbangga diri.
  • Allah tidak mencintai orang yang sombong. Hadits ini melarang kita sombong dan menganjurkan untuk bersikap tawadhu.

#Hadist 1528

  • Dari Abu Darda, Rasululloh bersabda: Barangsiapa yang membela kehormatan saudaranya ketika tidak ada dihadapannya, maka Allah akan memalingkan wajahnya pada hari kiamat dari api neraka.
    QS An-Naziat : 36

وَبُرِّزَتِ الْجَحِيمُ لِمَنْ يَرَىٰ

Dan diperlihatkan neraka dengan jelas kepada setiap orang yang melihat.

  • Pada saat hari kiamat akan diperlihatkannya neraka, namun bagi orang yang di dunianya selalu membela kehormatan saudaranya maka pahalanya Allah akan memalingkan wajah orang tersebut dari api neraka.

#Hadits 1529
Hadist ini mirip dengan hadits selumnya yaitu hadits ke 1528.

#Hadits 1530
Hadits ini menjelaskan 3 sifat diantara sifat yang memiliki budi pekerti yang luhur. Sifat tersebut yaitu:

  1. Shadaqoh
    Abu hurairah berkata bahwa rosulullah bersabda : “Harta yang dishadaqohkan itu tidak akan berkurang”
    Secara nyata memang berkurang, namun maknanya harta tersebut akan bertambah berkahnya. Berkah bisa menjadi sebab dimudahkannya dalam mencari harta halal dan bisa juga berlipat ganda harta yang akan didapatkannya.
    -QS Al-Baqarah: 270

مَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ نَفَقَةٍ أَوْ نَذَرْتُمْ مِنْ نَذْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ يَعْلَمُهُ ۗ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ

Apa saja yang kamu nafkahkan atau apa saja yang kamu nazarkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. Orang-orang yang berbuat zalim tidak ada seorang penolongpun baginya.

– Sedangkan sifat bakhil/kikir akan membuat harta berkurang, hilang berkahnya dan diikuti oleh malapetaka.

  1. Menjadi seseorang yang Pemaaf dan Meminta maaf.
    “Tidaklah Allah menambah seorang hamba dengan sikap memaafkan kecuali Allah tambahkan kepadanya kemuliaan” Kemuliaan ini akan diraih di sisi Allah dan di sisi mahlukNya.
    -Salah satu indikator orang yang bertakwa adalah memaafkan manusia.
    -Termasuk akhlak yang baik yaitu selalu minta maaf.
  1. Tawadhu
    Tidaklah seseorang tawadhu karena Allah kecuali Allah akan mengangkat derajatnya. Tawadhu bukanlah kehinaan melainkan sebuah kemuliaan.

#Hadits 1531
Jalan keselamatan menuju surga bisa diraih dengan:

  1. Menyebarkan Salam.
    Dari Abdullah bin Salam (orang berilmu keturunan Yusuf bin Ya’kub bin Ishaq bin Ibrahim) Beliau ikut beserta para sabahat yang mengelilingi Nabi shalallahu alaihi wa sallam di saat nabi hijrah ke Madinah. Dan hadits pertama yang didengarnya dari Rosulullah adalah hadits tentang menyebarkan salam.
    “Wahai manusia, sebarkanlah salam”.
    Menyebarkan salam akan mewariskan rasa cinta.
    “Seseorang tidak akan masuk surga hingga kalian beriman, dan kalian tidak akan beriman hingga kalian saling mencintai. Dan kalian akan saling mencintai dengan menyebarkan salam”
  1. Memberi makan; tamu, tetangga, teman atau orang yang membutuhkan.
    Orang yang baik memiliki keistimewaan dan keutamaan di masyarakat. Dan orang yang selalu berbagi maka akan Allah mudahkan rizkinya.
  1. Menyambung silaturahim
    Rahim itu maksudnya ada hubungan darah (kekerabatan).
    Jangan memutus hubungan rahim karena menjadikan sebab mendapatkan laknat dari Allah
  1. Shalat malam
    Orang yang melaksanakan shalat malam di saat manusia tidur juga meliputi shalat wajibnya maka ini menunjukan kokoh keimanannya.

Mintalah kemudahan kepada Allah agar bisa bersikap tawadhu, menjaga kehormatan muslim & mengapai surga dengan selamatan.

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button