Membina Keluarga

NASEHAT PERNIKAHAN

Abu Mu’awiyyah bin Aswad tatkala mentafsirkan firman Allah سبحانه وتعالى dlm Q.S An Nahl : 97

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّ‍‍‍‍نْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَ‍‍ىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَ‍‍لَنُحْيِيَ‍‍نَّ‍‍هُ حَيَاةًطَ‍‍يِّبَةً ۖ وَلَنَ‍‍جْ‍‍زِيَ‍‍نَّ‍‍هُمْ أَجْ‍‍رَهُ‍‍مْ بِ‍‍أَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

“Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang bahagia dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”

📌 Yang dimaksud kehidupan yang bahagia adalah bersikap ridho & qona’ah, bersyukur dengan segala sesuatu yang telah Allah سبحانه وتعالى berikan dan tetapkan.

Hasan Al Bashri رحمه الله mengatakan:

“Barangsiapa yang ridho (qona’ah) terhadap apa yang Allah berikan kepadanya (rezeki), maka Allah akan memberkahinya.  Dan barangsiapa yang tidak ridho dengan apa yang berikan kepadanya maka tidak akan di berkahi kehidupannya”

Perlu kita sadari, bahwa:
👉Suami atau Istri itu adalah rezeki.
👉Suami atau Istri itu adalah kenikmatan.

Ketika kita tidak bersyukur atas pemberian Allah, misalnya ketika pasangan kita telah tiada, barulah kita akan menyadari bahwa Pasangan itu adalah Rezeki.

✅ Kita sebagai hamba Allah harus ridho dan qona’ah dengan pasangan yang telah Allah tetapkan kepada kita, karena hal tersebut merupakan salah satu perkara yang membuat pernikahan kita langgeng, pernikahannya di berkahi oleh Allah سبحانه وتعالى.

❌ Dan salah satu sikap tidak qona’ah adalah mengkufuri rezeki/nafkah yang telah diberikan, oleh suaminya.

Ketika hal itu terjadi, maka jangan harapkan pernikahan akan langgeng. Karena itu merupakan salah satu sebab runtuhnya sebuah ikatan rumah tangga.

Semoga Allah سبحانه وتعالى selalu menjadikan kita sebagai hambaNya yang selalu qona’ah, bersyukur dengan apa yang telah Allah tetapkan dan berikan kepada kita, Aamiin.

🌹 Muslimah Ibnul Qayyim 🌹

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button