Belajar Adab

MENINGGALKAN KEMEWAHAN

Pembahasan Kitab Mukhtashar Hilyah Tholibil Ilmi
Karya Syaikh Abu Bakar Zaid

10. Meninggalkan kemewahan

Jangan terlalu berlebihan dalam kemewahan, maka sesungguhnya ‘kesederhanaan termasuk bagian dari iman’, Ingatlah wasiat Umar bin Khathab semoga Allah meridhoinya: ‘Jauhilah kenikmatan, pakaian bangsa asing, dan bersikaplah sederhana dan keras…’

Atas dasar itulah, maka jauhilah kepalsuan peradaban, sesungguhnya ia melemahkan tabiat dan mengendurkan urat saraf, mengikatmu dengan benang ilusi.

Orang-orang yang serius sudah mencapai tujuan mereka sedangkan engkau tetap berada di tempatmu, sibuk memikirkan pakaianmu…

Hati-hatilah dalam berpakaian karena ia mengungkapkan pribadimu bagi orang lain dalam berafiliasi, pembentukan dan perasaan.

Manusia mengelompokkan engkau dari pakaianmu. Bahkan, tata cara berpakaian memberikan gambaran bagi yang melihat golongan orang yang berpakaian berupa ketenangan dan berakal, atau keulamaan atau kekanak-kanakan dan suka menampilkan diri.

Maka pakailah sesuatu yang menghiasimu, bukan merendahkanmu, tidak menjadikan padamu ucapan bagi yang berkata (maksudnya, orang lain tidak memberikan komentar, pent.) dan ejekan bagi yang mengejek.

Jauhilah pakaian kekanak-kanakan, tidak berarti kamu memakai pakaian yang tidak jelas, akan tetapi sederhana dalam berpakaian dalam gambaran syara’, yang diliputi tanda yang shalih dan petunjuk yang baik.
__
☘ Datanglah dengan mengharap Ridho Allah Ta’ala semata.

“Barangsiapa menempuh sebuah jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan mudahkan untuknya jalan menuju Surga” (HR. Muslim No.2699)

🍃 🌷 🍃 🌷 🍃 🌷 🍃

Live at :
📡 Marhaban TV

☎ Narahubung : +62 812-2389-1050

📽 You Tube Channel : Marhaban TV

📲 Fan Page Fb : Marhaban TV
————————————————————– ———————–
——————————-
💳 Donasi Dakwah di Kab. Garut dapat disalurkan melalui :
Bank Syariah Mandiri Cabang KC. Garut, No. Rek. : 7082057457 a.n Yayasan Ibnu Qayyim AlJauziyyah, Kode ATM : 451
——————————-
Sangat disukai bila antum dapat hadir bersama keluarga, kerabat dan saudara kaum muslimin lainnya,

Semoga Allah Ta’ala menghendaki kebaikan dengan memahamkan kita kepada AgamaNya.
━━━━━━━━━━━━━
❗Mohon ta’awun menyebarkan info ini, mungkin dari usaha Anda ini ‘dakwah sunnah’ akan semakin menyebar dan menjadi pemberat timbangan kebaikan kita di hari kiamat insya Allah Ta’ala.
🌹 Jazaakumullaahu khairon wa baarokallaahu fiykum.
══════ ❁✿❁ ══════

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button